Langsung ke konten utama

Flowchart

(*old blog)

Flowchart
Flowchart adalah jenis diagram yang mewakili suatu algoritma atau proses , menunjukkan langkah-langkah sebagai kotak dari berbagai jenis, dan pesanan mereka dengan menghubungkan ini dengan anak panah. Diagram representasi ini dapat memberikan solusi langkah-demi-langkah untuk diberikan masalah.
Data tidak mengalir biasanya direpresentasikan dalam flowchart, berbeda dengan diagram aliran data , melainkan, mereka tersirat oleh urutan operasi. Flowchart digunakan dalam menganalisis, merancang, mendokumentasikan atau mengelola proses kompleks atau program di berbagai bidang. Flowchart membantu memvisualisasikan apa yang terjadi dan dengan demikian membantu anda untuk memahami proses, dan mungkin juga menemukan kelemahan, kemacetan, dan lain yang kurang-jelas fitur di dalamnya. Ada berbagai jenis diagram alur, dan setiap jenis memiliki repertoar sendiri kotak dan konvensi penulisan.
Dua jenis yang paling umum dari kotak dalam flowchart adalah:
  • langkah pengolahan, biasanya disebut aktivitas, dan dilambangkan sebagai kotak persegi panjang
  • keputusan, biasanya dinotasikan sebagai berlian.
Nama alternatif umum termasuk: flowchart, diagram alir proses, diagram alir fungsional, peta proses, diagram proses, diagram proses fungsional, model proses bisnis, model proses, diagram alir proses, diagram alur kerja, diagram alir bisnis. 

 
Sejarah Flowchart
Metode terstruktur pertama untuk mendokumentasikan aliran proses, "bagan aliran proses", diperkenalkan oleh Frank Gilbreth kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME) pada tahun 1921 dalam presentasi "Proses Grafik-Langkah Pertama di Menemukan Satu Cara Terbaik ". Alat Gilbreth dengan cepat menemukan cara mereka ke teknik industri kurikulum. Pada awal 1930-an, seorang insinyur industri, Allan H. Mogensen mulai melatih orang bisnis dalam penggunaan beberapa alat teknik industri pada Pertemuan Kerja Penyederhanaan di Lake Placid , New York
Lulusan 1944 dari kelas Mogensen yang, Seni Spinanger, mengambil alat kembali ke Procter and Gamble di mana dia mengembangkan Program disengaja mereka Ubah Metode. Lain lulusan 1944, Ben S. Graham , Direktur Teknik Formcraft di Standard Register Corporation, mengadaptasi diagram alir proses pengolahan informasi dengan pengembangan tentang bagan proses multi-aliran untuk menampilkan beberapa dokumen dan hubungan mereka. Pada tahun 1947, ASME mengadopsi serangkaian simbol yang berasal dari karya asli Gilbreth sebagai Standar ASME untuk Grafik Proses.
Douglas Hartree menjelaskan bahwa Herman Goldstine dan John von Neumann mengembangkan diagram alur (awalnya, diagram) untuk merencanakan program komputer. Akun kontemporer Nya didukung oleh insinyur IBM dan oleh ingatan pribadi Goldstine itu. Pemrograman yang asli aliran grafik dari Goldstine dan von Neumann dapat dilihat dalam laporan yang tidak diterbitkan mereka, "Perencanaan dan pengkodean masalah untuk instrumen komputasi elektronik, Bagian II, Volume 1" (1947), yang direproduksi dalam karya-karya von Neumann's dikumpulkan.
Flowchart digunakan untuk menjadi sarana populer untuk menggambarkan algoritma komputer dan masih digunakan untuk tujuan ini. Teknik modern seperti UML diagram aktivitas dapat dianggap ekstensi dari flowchart tersebut. Pada 1970-an popularitas diagram alur sebagai metode sendiri menurun ketika interaktif terminal komputer dan generasi ketiga bahasa pemrograman menjadi alat umum dari perdagangan, karena algoritma dapat dinyatakan jauh lebih ringkas dan readably sebagai kode sumber dalam suatu bahasa , dan juga karena algoritma merancang menggunakan diagram alur lebih mungkin untuk menghasilkan kode spaghetti karena kebutuhan untuk GOTOs untuk menggambarkan melompat sewenang-wenang dalam aliran kontrol. Seringkali pseudo-kode yang digunakan, yang menggunakan idiom umum bahasa tersebut tanpa ketat mengikuti rincian satu tertentu. 



Data Aliran Ekstensi
            Sejumlah simbol telah distandarkan untuk diagram aliran data untuk merepresentasikan aliran data, bukan aliran kontrol. Simbol ini juga dapat digunakan dalam grafik kontrol aliran (misalnya untuk menggantikan simbol jajaran genjang).
  • Sebuah Dokumen direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan dasar bergelombang;
  • Sebuah input manual diwakili oleh segiempat , dengan bagian atas yang miring tidak teratur naik dari kiri ke kanan. Sebuah contoh akan untuk menandakan entri data dari formulir;
  • Sebuah Manual operasi diwakili oleh suatu trapesium dengan sisi paralel terpanjang di atas, untuk mewakili operasi atau penyesuaian proses yang hanya dapat dibuat secara manual.
  • Sebuah Data File diwakili oleh silinder.

Jenis-jenis Flowchart
            Sterneckert (2003) menyarankan bahwa diagram alur dapat dimodelkan dari perspektif kelompok pengguna yang berbeda (seperti manajer, analis sistem dan panitera) dan bahwa ada empat jenis umum:
  • Dokumen flowchart, yang menunjukkan kontrol atas aliran-dokumen melalui sistem
  • Diagram alur data yang, menunjukkan kontrol atas aliran data dalam suatu sistem
  • Sistem flowchart menunjukkan kontrol pada tingkat fisik atau sumber daya
  • Program flowchart, yang menunjukkan kontrol dalam program dalam sebuah sistem
@ Perhatikan bahwa setiap jenis flowchart berfokus pada beberapa jenis kontrol, bukan pada aliran tertentu itu sendiri.

 
·        Mulai dan akhiri simbol
Direpresentasikan sebagai lingkaran, oval atau persegi panjang bulat, biasanya yang berisi kata "Start" atau "End", atau frasa lain sinyal awal atau akhir dari sebuah proses, seperti "submit penyelidikan" atau "menerima produk".
·        Panah
Menampilkan " aliran kontrol ". Panah datang dari satu simbol dan berakhir pada simbol lain yang mengontrol mewakili lolos ke simbol panah menunjuk ke.
·        Generik langkah-langkah pengolahan
Direpresentasikan sebagai persegi panjang . Contoh: "Tambahkan 1 ke X"; "mengganti bagian diidentifikasi"; "menyimpan perubahan" atau mirip.
·        Subrutin
Direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan ganda-memukul sisi vertikal; ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah pengolahan yang kompleks yang dapat rinci dalam diagram alur terpisah.
·        Input / Output
Direpresentasikan sebagai jajar genjang. Contoh: Dapatkan X dari pengguna; tampilan X.
·        Siapkan bersyarat
Direpresentasikan sebagai segi enam. Menunjukkan operasi yang tidak memiliki efek selain mempersiapkan nilai untuk langkah bersyarat atau keputusan selanjutnya (lihat di bawah).
·        Bersyarat atau keputusan
Direpresentasikan sebagai belah ketupat.  Menunjukkan di mana keputusan yang diperlukan, umumnya suatu Ya / Tidak ada pertanyaan atau tes Benar / Salah.
·        Persimpangan simbol
Umumnya diwakili dengan gumpalan hitam, menunjukkan di mana arus kontrol beberapa berkumpul di aliran keluar tunggal. Sebuah simbol persimpangan akan memiliki lebih dari satu panah datang ke dalamnya, tetapi hanya satu akan keluar.
·        Konektor berlabel
Diwakili oleh sebuah label mengidentifikasi di dalam lingkaran. Konektor berlabel digunakan dalam diagram kompleks atau multi-lembar untuk pengganti panah.
·        Concurrency simbol
Diwakili oleh garis melintang ganda dengan sejumlah panah masuk dan keluar. Digunakan bila dua atau lebih aliran kontrol harus beroperasi secara bersamaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Novel "Dua Kepiting Melawan Dunia"

 (*old blog) Senin, 09 Januari 2012 SINOPSIS NOVEL REMAJA Judul buku                                : “ Dua Kepiting Melawan Dunia” Nama pengarang                       : Saskia Tjokro Nama penerbit                          : ©PT. Gramedia Pustaka Utama Seri nomor                                : ISBN 979 – 22 – 1710 - ×                      ...

Batuan Piroklastik (Batuan Beku Fragmental)

A.      Pengertian Batuan Piroklastik       Batuan piroklastik merupakan bagian dari batuan vulkaniklastik yang terdiri dari material detrital/rombakan dari hasil erupsi vulkanik dimana erupsi tersebut terjadi secara eksplosif, kemudian ditransport dan mengalami litifikasi sebelum atau sesudah dirombak oleh air maupun es. Mekanisme erupsi eksplosif yang terjadi disebabkan oleh erupsi magmatis, preato magmatis, dan preatik.        Akumulasi material piroklastik atau tephra merupakan hasil banyak proses yang berhubungan dengan erupsi vulkanik tanpa memandang penyebab erupsi dan asal dari materialnya. Fragmen piroklastik merupakan fragmen yang terbentuk secara langsung dari proses erupsi vulkanik. Material piroklastik saat dierupsikan gunung api memiliki sifat fragmental, dapat berwujud cair maupun padat. Dan setelah menjadi massa padat material tersebut disebut sebagai batuan piroklastik .    ...

Gunungapi Sulawesi Tengah, Gunung Colo

A.      Letak Administratif dan Kondisi Geologi Gunungapi Colo merupakan gunungapi strato dan berdanau kawah (kaldera berdiameter 2 km) yang terletak pada posisi geografis 0°10’ LS dan 121°36,5’ BT dengan ketinggian 486,9 mdpl. Secara administratif, gunungapi Colo terletak di Pulau Una-una, Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Secara geografis, Gunung Colo terletak di lepas pantai Teluk Tomini. Selain Pulau Una-una, ada beberapa pulau lainnya yang sedikit terpisah di sebelah timur Pulau Una-una. Beberapa pulau-pulau di timur Pulau Una-una tersebut antara lain Pulau Togian, Pulau Batudaka, Pulau Walekodi dan Pulau Waleabahi yang tergabung dalam gugus Kepulauan Togian. Teluk Tomini berbatasan dengan beberapa wilayah dengan keadaan geologi yang berbeda, mulai dari lengan utara yang basement-nya merupakan kerak samudera, bagian leher di barat yang merupakan kerak benua dan lengan timur di sebelah selatan yang merupakan ofiolit. Gunung Colo diduga berdi...