(*old blog)
Flowchart
Flowchart adalah jenis diagram yang mewakili suatu algoritma atau proses
, menunjukkan langkah-langkah sebagai kotak dari berbagai jenis, dan
pesanan mereka dengan menghubungkan ini dengan anak panah. Diagram representasi ini dapat memberikan solusi langkah-demi-langkah untuk diberikan masalah.
Data tidak mengalir biasanya direpresentasikan dalam flowchart, berbeda dengan diagram aliran data , melainkan, mereka tersirat oleh urutan operasi. Flowchart digunakan dalam menganalisis, merancang, mendokumentasikan atau mengelola proses kompleks atau program di berbagai bidang. Flowchart membantu memvisualisasikan apa yang terjadi dan dengan demikian membantu anda
untuk memahami proses, dan mungkin juga menemukan kelemahan, kemacetan,
dan lain yang kurang-jelas fitur di dalamnya. Ada berbagai jenis
diagram alur, dan setiap jenis memiliki repertoar sendiri kotak dan
konvensi penulisan.
Dua jenis yang paling umum dari kotak dalam flowchart adalah:
- langkah pengolahan, biasanya disebut aktivitas, dan dilambangkan sebagai kotak persegi panjang
- keputusan, biasanya dinotasikan sebagai berlian.
Nama
alternatif umum termasuk: flowchart, diagram alir proses, diagram alir
fungsional, peta proses, diagram proses, diagram proses fungsional,
model proses bisnis, model proses, diagram alir proses, diagram alur
kerja, diagram alir bisnis.
Sejarah Flowchart
Metode terstruktur pertama untuk mendokumentasikan aliran proses, "bagan aliran proses", diperkenalkan oleh Frank Gilbreth kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME)
pada tahun 1921 dalam presentasi "Proses Grafik-Langkah Pertama di
Menemukan Satu Cara Terbaik ". Alat Gilbreth dengan cepat menemukan cara
mereka ke teknik industri
kurikulum. Pada awal 1930-an, seorang insinyur industri, Allan H.
Mogensen mulai melatih orang bisnis dalam penggunaan beberapa alat
teknik industri pada Pertemuan Kerja Penyederhanaan di Lake Placid , New York .
Lulusan 1944 dari kelas Mogensen yang, Seni Spinanger, mengambil alat kembali ke Procter and Gamble di mana dia mengembangkan Program disengaja mereka Ubah Metode. Lain lulusan 1944, Ben S. Graham
, Direktur Teknik Formcraft di Standard Register Corporation,
mengadaptasi diagram alir proses pengolahan informasi dengan
pengembangan tentang bagan proses multi-aliran untuk menampilkan
beberapa dokumen dan hubungan mereka. Pada tahun 1947, ASME mengadopsi
serangkaian simbol yang berasal dari karya asli Gilbreth sebagai Standar
ASME untuk Grafik Proses.
Douglas Hartree menjelaskan bahwa Herman Goldstine dan John von Neumann mengembangkan diagram alur (awalnya, diagram) untuk merencanakan program komputer. Akun
kontemporer Nya didukung oleh insinyur IBM dan oleh ingatan pribadi
Goldstine itu. Pemrograman yang asli aliran grafik dari Goldstine dan
von Neumann dapat dilihat dalam laporan yang tidak diterbitkan mereka,
"Perencanaan dan pengkodean masalah untuk instrumen komputasi
elektronik, Bagian II, Volume 1" (1947), yang direproduksi dalam
karya-karya von Neumann's dikumpulkan.
Flowchart digunakan untuk menjadi sarana populer untuk menggambarkan algoritma komputer dan masih digunakan untuk tujuan ini. Teknik modern seperti UML diagram aktivitas
dapat dianggap ekstensi dari flowchart tersebut. Pada 1970-an
popularitas diagram alur sebagai metode sendiri menurun ketika
interaktif terminal komputer dan generasi ketiga bahasa pemrograman menjadi alat umum dari perdagangan, karena algoritma dapat dinyatakan jauh lebih ringkas dan readably sebagai kode sumber dalam suatu bahasa , dan juga karena algoritma merancang menggunakan diagram alur lebih mungkin untuk menghasilkan kode spaghetti karena kebutuhan untuk GOTOs untuk menggambarkan melompat sewenang-wenang dalam aliran kontrol. Seringkali pseudo-kode yang digunakan, yang menggunakan idiom umum bahasa tersebut tanpa ketat mengikuti rincian satu tertentu.
Data Aliran Ekstensi
Sejumlah simbol telah distandarkan untuk diagram aliran data untuk merepresentasikan aliran data, bukan aliran
kontrol. Simbol ini juga dapat digunakan dalam grafik kontrol aliran
(misalnya untuk menggantikan simbol jajaran genjang).
- Sebuah Dokumen direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan dasar bergelombang;
- Sebuah input manual diwakili oleh segiempat , dengan bagian atas yang miring tidak teratur naik dari kiri ke kanan. Sebuah contoh akan untuk menandakan entri data dari formulir;
- Sebuah Manual operasi diwakili oleh suatu trapesium dengan sisi paralel terpanjang di atas, untuk mewakili operasi atau penyesuaian proses yang hanya dapat dibuat secara manual.
- Sebuah Data File diwakili oleh silinder.
Jenis-jenis Flowchart
Sterneckert (2003) menyarankan bahwa diagram alur dapat dimodelkan dari
perspektif kelompok pengguna yang berbeda (seperti manajer, analis
sistem dan panitera) dan bahwa ada empat jenis umum:
- Dokumen flowchart, yang menunjukkan kontrol atas aliran-dokumen melalui sistem
- Diagram alur data yang, menunjukkan kontrol atas aliran data dalam suatu sistem
- Sistem flowchart menunjukkan kontrol pada tingkat fisik atau sumber daya
- Program flowchart, yang menunjukkan kontrol dalam program dalam sebuah sistem
@ Perhatikan bahwa setiap jenis flowchart berfokus pada beberapa jenis kontrol, bukan pada aliran tertentu itu sendiri.
· Mulai dan akhiri simbol
Direpresentasikan
sebagai lingkaran, oval atau persegi panjang bulat, biasanya yang
berisi kata "Start" atau "End", atau frasa lain sinyal awal atau akhir
dari sebuah proses, seperti "submit penyelidikan" atau "menerima
produk".
· Panah
Menampilkan " aliran kontrol ". Panah datang dari satu simbol dan berakhir pada simbol lain yang mengontrol mewakili lolos ke simbol panah menunjuk ke.
· Generik langkah-langkah pengolahan
Direpresentasikan sebagai persegi panjang . Contoh: "Tambahkan 1 ke X"; "mengganti bagian diidentifikasi"; "menyimpan perubahan" atau mirip.
· Subrutin
Direpresentasikan
sebagai persegi panjang dengan ganda-memukul sisi vertikal; ini
digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah pengolahan yang kompleks
yang dapat rinci dalam diagram alur terpisah.
· Input / Output
Direpresentasikan sebagai jajar genjang. Contoh: Dapatkan X dari pengguna; tampilan X.
· Siapkan bersyarat
Direpresentasikan
sebagai segi enam. Menunjukkan operasi yang tidak memiliki efek selain
mempersiapkan nilai untuk langkah bersyarat atau keputusan selanjutnya
(lihat di bawah).
· Bersyarat atau keputusan
Direpresentasikan sebagai belah ketupat. Menunjukkan di mana keputusan yang diperlukan, umumnya suatu Ya / Tidak ada pertanyaan atau tes Benar / Salah.
· Persimpangan simbol
Umumnya
diwakili dengan gumpalan hitam, menunjukkan di mana arus kontrol
beberapa berkumpul di aliran keluar tunggal. Sebuah simbol persimpangan
akan memiliki lebih dari satu panah datang ke dalamnya, tetapi hanya
satu akan keluar.
· Konektor berlabel
Diwakili
oleh sebuah label mengidentifikasi di dalam lingkaran. Konektor
berlabel digunakan dalam diagram kompleks atau multi-lembar untuk
pengganti panah.
· Concurrency simbol
Diwakili oleh garis melintang ganda dengan sejumlah panah masuk dan keluar. Digunakan bila dua atau lebih aliran kontrol harus beroperasi secara bersamaan.
Komentar
Posting Komentar